Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 untuk semua kelas tingkat Sekolah Dasar


Selamat pagi, teman-teman semua...
Tak ada kata terlambat untuk berbagi di sela-sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga, pengajar, operator sekolah dan seorang muslim di bulan ramadhan.

Mohon maaf terlalu panjang jeda postingan satu dengan satunya. Sedikit waktu yang dapat saya pergunakan untuk online di depan laptop.

Share saya pagi ini adalah kelanjutan dari postingan yang kemarin masih tentang aplikasi penilaian kurikulum 2013. Untuk memudahkan, semua kelas saya jadikan satu postingan.

Beberapa kali saya membuat aplikasi, inshaallah selalu ada yang beda dengan aplikasi sebelumnya, dengan harapan lebih memudahkan.

Beberapa perubahan yang saya lakukan bermaksud untuk lebih menyederhanakan dan lebih memudahkan dalam pengolahan nilai.

KALAU BISA LEBIH MUDAH, MENGAPA HARUS DIPERSULIT.... ???

Beberapa perubahan yang saya lakukan antara lain :
  1. Bisa digunakan untuk kelas heterogen dengan penganut agama yang berbeda (5 agama di Indonesia)
  2. Bisa digunakan untuk sekolah yang menerapkan lebih dari satu Mata Pelajaran Muatan Lokal (5 Muatan Lokal).
  3. KKM dan mata pelajaran Mulok dapat diedit dengan mudah
  4. KD bisa diedit (diganti) dengan lebih mudah.
  5. Pemetaan KD dilakukan hanya di satu sheet.
  6. Bisa digunakan untuk memuat 5 Prestasi dan 5 Ekstrakurikuler
  7. Aspek pengamatan pada KI-1 dan KI-2 dapat diedit.
  8. Kata kerja operasional (KKO) yang akan muncul di nilai deskripsi dapat disesuaikan.
  9. Input nilai KI-3 dan KI-4 dalam satu muka dan dapat langsung terlihat nilai deskripsi akhirnya untuk memudahkan pengecekan.
  10. Terdapat fitur Footer memuat nama siswa agar rapor tidak tertukar dengan siswa lain.
  11. Bisa digunakan untuk semester 1 dan 2
  12. Dapat diedit sesuai kondisi sekolah masing-masing tanpa password.
  13. Raport mini, bisa digunakan untuk memudahkan rekap nilai siswa saat kelas 6 untuk pengolahan nilai Ijazah.
  14. Tak banyak kelebihan aplikasi ini, namun jika teman-teman menemukan kekurangan bisa disampaikan sebagai bahan belajar dan perbaikan bagi saya,

Untuk memudahkan pengisian data siswa, saya menyarankan untuk meminta file daftarpd dari unduhan aplikasi dapodik dari operator sekolah. Untuk memilih siswa per kelas dapat dilakukan dengan sortir data. Pengisian dapat dilakukan dengan mengcopy (Crtl C) dan kemudian di pastekan pada kolom yang sesuai dengan pilihan paste Value (saya menyebutknya sebagai Paste 123, karena icon pilihannya terdapat tulisan 123). Jadi jangan menggunakan paste biasa (Crtl V) agar tidak merusak format cell yang ada di aplikasi ini.

Selanjutnya bagi yang ingin mencoba, dapat mendonwload dari link yang sudah saya sediakan. Semoga bermanfaat !!!


LINK DOWNLOAD :
Share To:
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post
Magpress

Arsip Operator Sekolah

Catatan Harian Seorang OPS Tentang Info Pendidikan, Pendataan, Administrasi dan Pembelajaran di Sekolah. Terima Kasih atas kunjungannya... Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan..

1 comments so far,Add yours

Terima Kasih atas kunjungannya...
Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan.