Aplikasi cetak NISN dengan barcode berbasis Dapodik


Secara resmi pembuatan Kartu NISN belum ada. Namun kebutuhan akan Kartu NISN di lapangan tidak dipungkiri lagi. Kartu NISN dapat di cetak oleh Dinas Pendidikan atau lembaga sekolah tempat siswa belajar.

Banyak sekali aplikasi cetak NISN yang merupakan kreatifitas teman-teman OPS untuk saling membantu dan meringankan beban OPS yang lain. Kali ini saya ingin berbagi salah satu aplikasi Cetak NISN yang mudah dan praktis untuk teman-teman coba. Aplikasi ini merupakan hasil kreatifitas teman OPS dari Kabupaten Nganjuk WAWAN SUBAGYO yang sebelumnya juga sudah merilis beberapa aplikasi untuk membantu teman-teman OPS. Aplikasi cetak NISN berbasis Dapodik ini memiliki ukuran relatif kecil sehingga cukup ringan di operasikan. Pengoperasiannyapun juga tidak sulit. Dapat dioperasikan di Windows 32 bit dan 64 bit dan dapat dijalan dari semua drive.

Data siswa yang ingin di cetak NISN nya tidak perlu di input manual, tapi kita bisa memanfaatkan hasil unduh profile sekolah dimana NISN nya sudah tidak diragukan lagi kevalidannya karena merupakan hasil PUSH PDSPK ke Aplikasi Dapodik.

Kelebihan Aplikasi ini adalah di lengkapi QRCode yang sudah mulai populer di gunakan di Indonesia. QRCode ini dapat dibaca menggunakan aplikasi Barcode Scaner yang dapat di sematkan pada smartphone. Sehingga lebih mudah untuk mengindentifikasinya kevalidannya.

LANGKAH-LANGKAH : 
  1. Siapkan dulu aplikasi New E-NISN. Silakan unduh Aplikasi E-NISN dari link download yang sudah di sediakan.
  2. File unduhan berupa file dengan format zip. Sehingga teman-teman harus segera mengekstraknya setelah di unduh. Hasil ekstrak akan menjadi satu folder New E-NISN Card yang berisi File Aplikasi New E-NISN Card.exe, qrcode.bmp dan QRCodeLib.dll.
  3. Setelah itu unduh file excel dari http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, masuk sebagai operator sekolah dan cari tombol donwload profile sekolah seperti gambar di samping. 
  4. Masukkan file excel tersebut menjadi satu folder dengan aplikasi New E-NISN Card.
  5. Selanjutnya jalankan Aplikasi New E-NISN Card, maka akan muncul tampilan seperti di samping. Pilih file excel dengan tombol yang disediakan dan klik tombol "Baca File Excel". Untuk memilih siswa gunakan tombol "Prev" dan "Next" dan tombol "Simpan" untuk menyimpan hasilnya. 
  6. Kartu NISN akan tersimpan dalam satu folder yang sama dengan aplikasi dengan nama file NamaPD.JPG. Untuk mencetaknya silakan gunakan Microsoft Office Word melalui fitur insert file.


MENGGUNAKAN BARCODE SCANNER

QRCode yang disematkan di Kartu NISN ini dapat di scan atau di pindai dengan menggunakan Smartphone yang sudah disematkan aplikasi pemindai QRCode. Banyak aplikasi pemindai yang ditawarkan dan dapat di download dari market masing-masing. Pengguna smartphone terbanyak saat ini adalah pengguna smartphone dengan sistem operasi Android.


Nah, bagi teman-teman pemakai Android dapat menginstall Aplikasi Barcode Scanner yang dapat di download dari Play Store langsung dari perangkat smartphone. Bagi yang ingin instaler offline silakan download Aplikasi Barcode Scanner dari link download yang tersedia.

Setelah Barcode Scanner terinstall di smartphone kita, silakan di jalankan dan gunakan untuk memindai QRCode yang terdapat pada Kartu NISN. Aplikasi akan membaca code dan menterjemahkan ke dalam teks yang akan muncul di layar smartphone kita.


Akhirnya, semoga aplikasi ini bisa memberikan manfaatnya.  Selamat Mencoba.

Catatan : Mohon bagi yang ingin share untuk menggunakan link download yang asli sebagai penghargaan bagi pencipta aplikasi sederhana ini, semoga bermanfaat.

LINK DOWNLOAD
Share To:
Magpress

Arsip Operator Sekolah

Catatan Harian Seorang OPS Tentang Info Pendidikan, Pendataan, Administrasi dan Pembelajaran di Sekolah. Terima Kasih atas kunjungannya... Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan..

1 comments so far,Add yours

Terima Kasih atas kunjungannya...
Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan.