Langkah-langkah mengimpor file dz ke dalam Aplikasi BIOUN.

Setiap awal tahun atau tepatnya awal semester 2 maka semua sekolah mempersiapkan data siswa tingkat akhir untuk diajukan sebagai calon peserta Ujian Sekolah / Ujian Nasional pada tahun pelajaran yang berjalan.

Jika di waktu lalu kita harus mengisi secara manual pada Aplikasi BIO UN, saat ini data bisa diambil langsung dari hasil kerja Operator Sekolah melalui Aplikasi Dapodik. Sehingga mengurangi tingkat kesalahan input data siswa pada aplikasi.

Sebelum mendownload file dz yang akan kita ekspor ke aplikasi BIO UN, pastikan bahwa data siswa di Dapodik sudah benar. Jika ada kesalahan operator sekolah dapat melakukan perbaikan melalui Aplikasi Dapodik. Khusus perbaikan NAMA, TANGGAL LAHIR dan NAMA IBU perbaikan melalui vervalpd.

LANGKAH-LANGKAH MENGIMPOR DATA PESERTA UN
Adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan ada dua proses, yaitu proses mengambil file dz dari Manajemen UN dan proses impor file dz ke BIO UN.

MENGAMBIL/UNDUH FILE DZ :
  1. Masuk ke web MANAJEMEN UN dengan menggunakan user dan password Dapodik atau dengan menggunakan Kode Registrasi Dapodik. 
  2. Kita disuguhi menu awal seperti di bawah ini. Klik pada tab Calon Peserta UN. 
  3. Langkah selanjutnya adalah masuk pada Pengaturan Kursi, Isikan nomor uruta Rombel seperti di bawah ini dan SIMPAN. 
  4. Selanjutnya kembali ke menu sebelumnya ada beberapa pilihan. Pilih UNDUH CALON PESERTA UN untuk mengunduh file dz yang akan kita ekspor ke aplikasi BIO UN. Klik YES jika muncul notifikasi seperti di bawah ini. 
  5. Tombol UNDUH CPUN KE EXCEL digunakan untuk mengunduh data calon peserta UN dalam format Excel. 
  6. Tombol UNDUH BERITA ACARA untuk mengunduh Berita Acara
  7. Tombol FILTER BERDASAR NISN untuk mengurutkan berdasar NISN siswa jika diperlukan.
  8. Selanjutnya, cari file dz yang tadi kita download (biasanya masuk pada folder download) dan pindahkan ke folder biodata BIO UN seperti di bawah ini.
IMPOR FILE DZ KE BIO UN
  1. Masuk ke folder APLIKASI US yang sudah kita miliki di laptop dengan dobel klik pada icon BIODATA UASBN, masukkan user dan password (setiap daerah memiliki password masing-masing) 

  2. Setelah berhasil masuk, klik pada menu EKSPOR/IMPOR dan centang nama sekolah kita yang sudah ada di list.
  3. Centang opsi Impor DAPODIK/EMIS
  4. Klik/sorot nama file dz yang muncul di kotak di bawahnya.
  5. Selanjutnya Klik Tombol Proses dan tunggu hingga proses impor selesai dan muncul notifikasi seperti di bawah ini.
  6. Selanjutnya untuk melakukan edit data siswa pilih menu SISWA, dan pilih nama sekolah kita yang ada di daftar nama sekolah.
  7. Lengkapi data yang ada.
  8. Untuk mengakhiri klik menu KELUAR
  9. Hasil kerja kita di Aplikasi BIOUN dapat kita lihat pada folder BIODATA seperti di bawah ini. File inilah yang akan digunakan untuk mendaftarkan siswa sebagai calon peserta UN.
Demikian tutorial singkat cara mengimpor file dz dari Manajemen UN ke dalam Aplikasi BIOUN. Semoga bermanfaat.

Share To:
Magpress

Arsip Operator Sekolah

Catatan Harian Seorang OPS Tentang Info Pendidikan, Pendataan, Administrasi dan Pembelajaran di Sekolah. Terima Kasih atas kunjungannya... Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan..

0 comments so far,add yours

Terima Kasih atas kunjungannya...
Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan.