Solusi prefill tidak ditemukan saat melakukan registrasi dapodik


Setiap kali kita memasang atau menginstall Aplikasi Dapodik di laptop dengan fresh instaler, maka langkah selanjutnya adalah melakukan Registrasi Operator Sekolah. Adakalanya kita gagal melakukan registrasi dengan peringatan "PREFILL TIDAK DITEMUKAN"

Mengapa bisa terjadi hal ini ? Apa yang harus di lakukan ? Berikut ini beberapa penyebab dan solusi untuk kasus "Prefill tidak ditemukan"
  1. File prefill belum ada, solusinya download kembali file prefill.
  2. File prefill belum di letakkan di folder yang benar, mungkin masih tersimpan di folder download di drive C dan belum di pindahkan ke folder seharusnya.
  3. Nama folder di C salah, pastikan nama foldernya adalah : PREFILL_DAPODIK (dobel "L") dan bukan PREFIL_DAPODIK
  4. Pastikan penulisan kode registrasi sudah benar (bedakan 0 dengan O dan 1 dengan I)
  5. Gunakan kode registrasi terbaru, bukan koreg lama 2012
  6. Untuk menjamin prefill sesuai dengan sekolah kita, generate prefill dengan kode registrasi. Jika generate dengan koreg tidak berhasil dengan keterangan koreg tidak ditemukan, segera hubungi KKDATADIK di dinas kabupaten/kota masing-masing untuk mendapatkan kode registrasi baru.
  7. Pastikan nama file prefill tidak ada tambahan angka 1, 2 , dst, hal ini terjadi karena kita mendownload berulang-ulang.
Demikian, semoga bermanfaat !!!
Share To:
Magpress

Arsip Operator Sekolah

Catatan Harian Seorang OPS Tentang Info Pendidikan, Pendataan, Administrasi dan Pembelajaran di Sekolah. Terima Kasih atas kunjungannya... Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan..

1 comments so far,Add yours

  1. Gimana cara mengatsi masalah ketika registrasi prefill menghilang padhal sudah di taruh di tempat yang benar?

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya...
Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan.