Mengubah ukuran file JPEG lebih mudah dengan ACDSee

Sebagai Operator Sekolah beberapa tugas OPS mengharuskan mengirimkan bukti fisik berupa scan Dokumen asli ke pihak tertentu. Namun hasil scan biasanya berupa file JPG dengan ukuran besar di atas 1 MB. Semakin besar dokumen maka ukuran file juga semakin besar. Sehingga OPS harus meresize ke ukuran yang dapat di terima.

Selain itu semakin besar ukuran file maka akan semakin berat mengirimkannya ke server. Apalagi bagi OPS yang tinggal di daerah sulit sinyal tentu akan sulit melakukan upload file berukuran di atas 1 MB.

Banyak alternative aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah ukuran file JPG. Berikut ini saya share ACDSee 12.0 yang saya pakai. ACDSee merupakan aplikasi ringan untuk melihat, mengedit dan mengorganisir file-file foto yang tersimpan di laptop kita.

MENGUBAH UKURAN FILE JPG MENGGUNAKAN ACDSee
BAGAIMANA CARANYA ?

Silakan unduh aplikasi di SINI. Instal aplikasinya dan pilih full dan lanjutkan proses installnya sampai selesai. Setelah selesai silakan jalan aplikasinya.

Untuk mengedit foto, silakan di klik Foto yang akan di edit dan pilih Tab EDIT. Maka di sisi kiri akan muncul menu edit yang cukup lengkap.

Untuk dokumen berukuran A4 biasanya hasil scan sekitar 2.5 MB ke atas. Sebelum diubah ukurannya teman-teman bisa melakukan sedikit edit pada foto yang akan di ubah. Misalnya kecerahan dengan fitur EXSPOSURE. Memotong gambar dengan fitur CROP dan lain-lain. Fitur lain seperti effect bisa teman-teman pelajari mandiri.

Untuk mengubah ukuran silakan klik di menu RESIZE. Dan akan muncul menu seperti ini. Ada dua pilihan mengubah ukuran yaitu menggunakan ukuran pixel dan ukuran persentase. Penulis sendiri lebih sering menggunakan ukuran pixel.
MENGUBAH UKURAN FILE JPG MENGGUNAKAN ACDSee

Untuk mengubah ukuran file ubah menjadi lebih kecil ukuran pixelnya pada Width dan Height-nya. Teman-teman bisa mengisi salah satu, maka yang lain akan otomatis menyesuaikan. Untuk Dokumen seukuran A4 seperti Akta Lahir dan Ijazah saya biasa menggunakan width 480 Px.

Setelah selesai silakan tekan tombol DONE dan SAVE. Dan lihat ukuran file di bawahnya juga ikut berubah menjadi kurang dari 500 Kb namun gambar tetap jelas dan mudah dibaca.

Dengan ukuran file kecil tentu saja proses upload file lebih cepat dan tidak memerlukan kuota internet yang banyak...hehehe... maklum pakai kuota pribadi.

Demikian tutorial singkat mengubah ukuran file JPG dengan menggunakan ACDSee. Semoga Bermanfaat.
Share To:
Magpress

Arsip Operator Sekolah

Catatan Harian Seorang OPS Tentang Info Pendidikan, Pendataan, Administrasi dan Pembelajaran di Sekolah. Terima Kasih atas kunjungannya... Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan..

0 comments so far,add yours

Terima Kasih atas kunjungannya...
Silakan tinggalkan pesan, saran dan kritik yang membangun. Kami akan sangat menghargai untuk penggunaan bahasa yang baik dan sopan.